Panduan Mengecek Nilai CPC Keyword Melalui Google AdWords

Tanpa basa-basi, berikut ini panduan untuk mengetahui nilai CPC (Cost per Click) dari satu atau lebih kata kunci (keyword) melalui tool Keyword Tool yang disediakan oleh Google AdWords. Tool ini dapat diakses oleh siapa saja tanpa harus mendaftar sebagai advertiser terlebih dahulu di AdWords.

Kunjungi halaman Keyword Tool
Perhatikan kotak di bagian tengah. Lihat gambar di bawah ini sebagai panduan. 

Masukkan kata kunci yg ingin dicari nilai CPC-nya pada kotak “Enter one keyword or phrase per line” (nomer 1).
Pada opsi “Choose Data to Display” (nomer 2), pilih “Cost and ad position estimate“
Selanjutnya pada bagian bernomer 3, atur mata uang ke “US Dollars ($USD)” dan masukkan maksimal nilai CPC menurut perkiraan Anda pada bagian nomer 4. Tidak ada aturan khusus di sini, tapi biasanya cukup masukkan $10 untuk kata kunci standard ato $100 untuk high-paying keyword.
Tekan tombol Get More Keywords.
Hasilnya dapat segera dilihat di bagian bawah. Contohnya spt dapat dilihat di gambar berikut: 


Perhatikan bahwa nilai CPC yg tercantum adalah *perkiraan* atau dapat pula dianggep sbg *nilai rata”* CPC yg memungkinkan. Spt diketahui, banyak faktor yg nantinya menentukan nilai CPC dari iklan AdSense Anda, bisa lebih tinggi dan bisa pula lebih rendah dari perkiraan tersebut. Setidaknya Anda udah dpt gambaran, kan?

Nah, yg cukup menarik, Anda bisa menggunakan bagian “Site-Related Keywords” untuk mengecek besarnya CPC (sama juga spt di atas, berupa perkiraan ato rata”) yg ada di situs Anda! Klik aja pada tab tersebut, dan untuk selanjutnya aku yakin udah bisa ngira” sendiri langkah”nya, hehehe. cosaaranda.com 

Selamat mencoba.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah, tengkyu infonya bro, baru tau aku...